WAJIB TAHU: Cara & Syarat Inseminasi

Jeni   June 19, 2016   Comments Off on WAJIB TAHU: Cara & Syarat Inseminasi

Dok, saya mau tanya soal program kehamilan inseminasi secara detail. Tentang cara-cara inseminasi dan syarat-syarat inseminasi.

Mungkin dokter bisa memberi kami referensi rumah sakit mana dan dengan dokter-dokter siapa saja?

Dan untuk biaya keseluruhannya kira-kira sampai berapaan ya dok?

Kalau harus di USG lagi dalam inseminasi tapi kami memakai hasil USG beberapa bulan lalu, bisa atau tidak dok?

Apakah harus melakukan pemeriksaan ulang dari awal lagi? Untuk suami apakah harus diperiksa juga sebelum inseminasi?

Jawab:

Sebelum melakukan inseminasi, pemeriksaan USG perlu dilakukan untuk melihat kondisi rahim dan indung telur, apakah sudah dalam masa ovulasi, dengan mengukur diameter folikel dan ketebalan endometrium.

Sementara itu, persiapan sperma dilakukan. Sperma suami akan melalui proses “pencucian sperma/sperm washing”. Tujuannya adalah memisahkan sperma dari sel mani dan memilih sperma yang baik dan gerakan gesit.

Proses pencucian sperma dilakukan dalam 1 sampai 2 jam. Sperma yang telah dicuci dimasukkan ke dalam rahim melalui kateter khusus pada saat terjadinya ovulasi (kurang lebih 36-40 jam setelah penyuntikan hCG).

Pengecekan ovulasi dapat pula dibantu dengan menggunakan alat tes ovulasi. Gunakan mulai dilakukan penyuntikan. Tes dilakukan pada sore/malam hari. Apabila didapatkan hasil positif biasanya ovulasi akan terjadi dalam 18-24 jam kemudian. Setelah prosedur inseminasi ini kadang-kadang pasien akan mengalami kram pada perut.

Untuk referensi rumah sakit dan nama-nama dokter saya tidak bisa menganjurkan secara khusus rumah sakit dan dokter yang bisa melakukannya. Tapi di beberapa rumah sakit di kota-kota besar Indonesia, pada umumnya IUI ini sudah sering dilakukan.

Dan untuk dokternya, tentunya sangat tergantung juga dari kecocokan dan kenyamanan ibu sendiri dalam memilih dokter. Saat ini, harga dan biaya IUI setahu saya berkisar 3-4 juta (biaya yang ditetapkan oleh rumah sakit kadang berbeda antara satu dan lainnya). Harga tersebut belum termasuk obat-obatan hormonal.