Vagina Lecet Jadi Susah Hamil?

Jeni   June 12, 2016   Comments Off on Vagina Lecet Jadi Susah Hamil?

Dok, saya mau nanya. Kenapa ya dok kalau saya berhubungan sering malah lecet di bibir vagina.

Apa gara-gara lecet itu dok sehingga saya susah hamil?

Saya sudah pernah berobat ke dokter kulit dan kelamin katanya saya hanya mengalami luka bagian luar saja dan tidak ada infeksi di dalam vagina saya. Jadi waktu itu saya dikasih salep saja. Yang membuat saya penasaran, apakah lecet itu bisa menghambat masuknya sperma?

Jawab:

Lecet di vagina saat berhubungan intim seringkali disebabkan karena vagina anda yang kering. Karena itu, sebaiknya sebelum bersenggama, disarankan ibu dan suami melakukan rangsangan/foreplay terlebih dahulu sehingga secara alami akan dihasilkan lubrikan (cairan yang membasahi vagina ketika anda terangsang) yang cukup untuk membasahi vagina. Basahnya vagina ini berfungsi sebagai anti bakteri dan juga sebagai pelumas agar tidak terjadi lecet.

Lecet atau iritasi ini akan menghambat penetrasi sperma bila terjadi infeksi. Tetapi, walaupun tidak infeksi, sebaiknya ibu menghindari lecet-lecet saat berhubungan seks dengan cara yang saya sebut diatas karena akan mengganggu kualitas hubungan sex anda dan pada akhirnya juga berpotensi menganggu rencana kehamilan anda.