Teratozospermia Solusi Untuk Bisa Hamil?

Jeni   May 15, 2016   Comments Off on Teratozospermia Solusi Untuk Bisa Hamil?

Dok, jika suami saya dari hasil analisa spermanya ternyata dinyatakan mengalami teratozosperma, apakah inseminasi merupakan satu-satunya jalan untuk berhasilnya pembuahan?

Jawab:

Teratozospermia adalah bentuk sperma yang tidak normal. Pada umumnya penanganannya sama dengan masalah sperma yang lain. Yaitu dengan pola hidup dan pola makan sehat. Perbanyak konsumsi makanan yang tinggi antioksidan (vitamin E, C, dan zinc) dan asam folat. Bila perlu dibantu dengan suplemen antioksidan.

Hindari suhu panas, seperti memangku laptop, sauna, berendam air panas, celana ketat, dan kondisi badan kegemukan.

Memang ada pendapat yang menyatakan bahwa obat-obatan saja tidak memberikan hasil yang baik, dan jalan yang terbaik hanya dengan inseminasi atau bayi tabung, tetapi tidak ada salahnya dicoba. Setelah 3 bulan menjalani pola hidup sehat, periksa kembali kualitas sperma untuk menilai keberhasilan terapi. Bila tidak ada perbaikan, dapat dipertimbangkan program inseminasi.

Pada kasus teratozosperma ini, obat-obatan hormonal, penyubur ataupun vitamin, tidak terbukti memberikan hasil yang baik. Bahkan beberapa sumber mengatakan inseminasi pun sering tidak memberikan hasil yang memuaskan.