Sel Telur Menghilang

Jeni   May 6, 2016   Comments Off on Sel Telur Menghilang
Bagikan ke Social MediaShare on Facebook0Share on Google+0Tweet about this on TwitterPin on Pinterest1Email this to someone

Tanya:

Saya pasien penderita kista 4cm sebelah kanan. Saya sudah berobat ke dokter kandungan dan mengikuti program hamil. Dokter itu bilang itu tidak jadi masalah, sehingga ia memberi saya obat penyubur yang diminum hari ke 2 haid.

Di hari ke 9 saya cek lagi ke dokter, ternyata sudah kelihatan sel telurnya. Lalu 2 hari kemudian saya disuruh datang lagi, ternyata sel telurnya hilang.

Yang ingin saya tanyakan, apakah yang menyebabkan sel telur itu menghilang dok? Apa karena kistanya sehingga sel telur itu tidak ada? Apa sel telur itu sudah pecah? Apa kista itu menggangu kehamilan? Jika hamil, apa kista itu akan hilang dokter?

Jawab:

Kista 4cm yang ibu alami tersebut tidak akan menganggu kesuburan atau kehamilan secara signifikan. Sel telur yang membesar itu berarti sel telur tersebut sudah matang.

Tapi perlu diperhatikan bahwa pematangan sel telur ini tidak berlangsung lama, jadi inilah yang terjadi ketika dalam pemeriksaan berikutnya sel telur tidak tampak (yang anda sebut dengan ‘hilang’), berarti masa subur ibu memang sudah berakhir. Bukan pula karena pecah apalagi karena kista.