Pengobatan PCOS dan Solusi Bayi Tabung

Jeni   May 17, 2016   Comments Off on Pengobatan PCOS dan Solusi Bayi Tabung
Bagikan ke Social MediaShare on Facebook0Share on Google+0Tweet about this on TwitterPin on Pinterest100Email this to someone

Dok, saya sudah 2 tahun menjalani pengobatan PCO tapi sel telur tak kunjung membesar.

Apakah satu-satunya jalan supaya saya bisa hamil hanya dengan bayi tabung?

Jawab:

PCOS (polycystic ovary syndrome) atau sindrom ovarium polikistik adalah suatu kondisi dimana seorang wanita tidak berovulasi (tidak melepaskan sel telur dari folikel yang berkembang di ovarium). Ovulasi biasanya terjadi secara teratur, sekitar hari ke-14 dari siklus menstruasi rata-rata (28 hari).

Folikel-folikel mulai mengembang dengan cara biasa tapi tidak pecah dan tidak ada sel telur yang dilepaskan. Akibatnya ada beberapa folikel dan kista di ovarium (kista adalah folikel besar dengan ukuran lebih dari 25-30 mm). Jadi PCO berarti ovarium dengan banyak kista.

Pengobatan PCO memang membutuhkan waktu yang lama. Ada beberapa kasus yang berhasil hamil setelah pengobatan bertahun-tahun lamanya. Program bayi tabung ibu bukanlah jalan terakhir, tetapi perlu dipertimbangkan bila usia ibu sudah lebih 35 tahun, sehingga ibu tidak perlu menunggu lebih lama lagi untuk mendapatkan momongan.