Obesitas dan Penyumbatan Tuba Falopi

Jeni   May 6, 2016   Comments Off on Obesitas dan Penyumbatan Tuba Falopi
Bagikan ke Social MediaShare on Facebook0Share on Google+0Tweet about this on TwitterPin on Pinterest1Email this to someone

Tanya:

Dok, berat badan saya memang termasuk obesitas, berada dalam skala 26 hehe. Tapi saya berusaha dari sekarang untuk turunkan dok.

Sudah 5 tahun kami menikah saya belum hamil. Atas petunjuk dokter saya tes hormon. dan hasilnya memang tidak seimbang. Saya masih minum obat Dhupaston dan Lysome.

Saya juga ada penyumbatan di tuba falopi sebelah kanan, yang kiri oke. Bagaimana menurut ibu dokter dengan kondisi saya ini? Masikah ada kesempatan saya untuk hamil normal tanpa bayi tabung atau inseminasi?

Sebagai info sperma suami bagus, usia saya 31 tahun dan suami 32 tahun.

Jawab:

Dari penjelasan ibu, jelas bahwa penyebab gangguan haid dan inftertil pada kasus ibu adalah karena berat badan berlebih. Jadi sangat saya sarankan untuk melakukan latihan-latihan berupa olahraga dan pengendalian pola makan beserta jadwal istirahat yang baik untuk menurunkan terlebih dahulu berat badan. Ini penting untuk keseimbangan produksi hormon ibu kemudian.

Pada kebanyakan kasus infertil yang disebabkan oleh faktor obesitas/kegemukan pasien biasanya hamil spontan setelah berhasil menurunkan berat badan mereka.

Bila ibu mengalami kesulitan dalam proses menurunkan berat badan, maka ibu sebaiknya rajin berkonsultasi dan rutin mengikuti terapi dari dokter yang menangani ibu. Penting juga untuk menkonsumsi obat-obat hormonal dan penyubur diberikan dokter. Untuk tuba, selama tuba yang satunya sehat, ibu masih bisa hamil.