Mioma Dalam Kandungan Apa Bisa Hamil?

Jeni   June 24, 2016   Comments Off on Mioma Dalam Kandungan Apa Bisa Hamil?

2 bulan yang lalu saya hamil, menginjak usia kandungan 2 bulan ternyata terdapat miom di kandungan saya dan janin saya tidak dapat berkembang.

Ada beberapa hal yang mau saya tanyakan:

  1. Apakah miom dapat muncul kembali?
  2. Sudah 1 bulan sejak operasi saya belum menstruasi, kenapa bisa begitu dok? (saya belum sempat kontrol lagi ke dokter)
  3. Berapa lama dari laparoskopi saya dapat hamil lagi? Karena menurut dokter saya, 2 bulan dari laparoskopi sudah bisa hamil kembali, tinggal menunggu siklus menstruasi. Tetapi sampai saat ini saya belum datang bulan.

Jawab:

  1. Kemungkinan untuk mioma tumbuh kembali memang ada, tetapi tidak selalu akan datang kembali dan itu pun butuh waktu yang relatif lama.
    Lagipula mioma yang berukuran lebih kecil dari 5 cm kecil potensinya untuk menganggu kesuburan atau kehamilan. Itu juga tergantung dari dimana lokasi mioma tersebut.

    Apakah dokter yang melakukan laparoskopy telah menjelaskan dimana letak mioma ibu? Berapa ukurannya? Dan apakah telah dilakukan tes patensi tuba saat laparoskopi?

  2. Setelah operasi, terkadang memang terjadi sedikit gangguan haid, hal ini disebabkan sel-sel dan jaringan yang membutuhkan waktu dalam proses pemulihan.
  3. Yang dikatakan oleh dokter anda benar. Anda bisa hamil setelah haid. Bila sampai 2 minggu ke depan belum haid juga, anda boleh berkonsultasi kembali ke dokter untuk dilakukan pemeriksaan lengkap dan pemberian obat pemancing haid bila perlu.