Menderita PCO, Haid Tidak Teratur, Susah Hamil

Jeni   June 18, 2016   Comments Off on Menderita PCO, Haid Tidak Teratur, Susah Hamil
Bagikan ke Social MediaShare on Facebook0Share on Google+0Tweet about this on TwitterPin on Pinterest1Email this to someone

Saya wanita usia 29 tahun. Sudah menikah selama 6 tahun. Hingga saat ini belum dikaruniai anak. Sewaktu belum menikah, haid saya teratur.

Tetapi sejak bulan ketiga pernikahan, haid saya mulai telat. Waktu itu senang karena mengira hamil, ternyata bukan. Bulan-bulan berikutnya mulai lebih sering telat dan telatnya semakin lama bahkan saya pernah 1,5 tahun tidak menstruasi sama sekali.

Sudah beberapa dokter saya datangi, kesimpulan saya menderita PCO. Katanya hormon androgen saya tinggi. Memang saya memiliki kumis dan ranbut-rambut di kaki seperti pria.

Tahun-tahun awal, kami masih merasa mungkin belum saatnya dipercaya untuk punya anak. Tapi sekarang, kami sudah sangat merindukan kehadiran anak dalam keluarga kami.

Apakah PCO masih bisa disembuhkan dok? Apakah masih ada kemungkinan untuk hamil ya dok, kalau dari sisi medisnya? Mohon penjelasan dok.

Jawab:

Membaca kondisi anda saya ingin bertanya lebih dahulu apakah yang ibu alami polikistik ovarium saja atau sindrom polikistik ovarium? Karena sindrom polikistik (PCOs) merupakan sekumpulan gejala yang menyertai PCO.

Penyakit ini masih dapat disembuhkan, asal ibu sabar menjalani tahapan pemeriksaan dan pengobatannya. Bila penyebabnya dapat diatasi, kemungkinan ibu hamil tentunya masih ada.

Saran saya, tetaplah berkonsultasi dengan dokter yang telah menangani anda selama ini karena beliau sudah benar-benar paham dengan kondisi anda. Anda harus mengikuti petunjuk dari dokter anda, termasuk saran-saran pemeriksaan dan obat-obatan.

Saya pribadi ikut mendoakan agar anda bisa segera mengatasi kondisi ini dan menimang momongan secepatnya.