Ingin Punya Anak Lagi

Jeni   June 17, 2016   Comments Off on Ingin Punya Anak Lagi

Saya wanita umur 33 tahun dan pengen punya anak lagi. Anak saya yang pertama sudah 5 tahun dan mulai anak pertama saya lahir sampai dengan sekarang saya tidak pernah ikut KB.

Sudah sejak november 2010 sampai sekarang belum berhasil juga dok. Makanya saya bingung juga karena kalau dibilang tidak subur, buktinya sudah ada anak pertama.

Begini kondisi saya dok, saya bekerja tiap hari senin sampai jumat harus menempih perjalanan 30 kilometer menggunakan bis dan kemudian 10 kilometer lagi dengan motor (pulang pergi jadi 80 km dok).

Kalau dengan bisa saya tidak merasakan guncangan jalan karena bisnya lewat jalan tol tetapi dalam perjalanan dengan motor baru terasa getaran akibat jalanan yang tidak rata. Getarannya bahkan terasa sampai di perut.

Apakah getaran ketika saya naik motor tersebut yang mempengaruhi tidak hamilnya saya lagi, dok?

Jawab:

Kalau melihat riwayat ibu sebelumnya, sebenarnya tidak ada masalah karena ibu sudah pernah hamil dan ibu tidak pernah terpapar hormon-hormon dari luar karena tidak pernah menggunakan KB. Usia suami saat ini berapa? Apakah suami pernah memeriksakan spermanya? Ini perlu juga diketahui karena penyebabnya bukan hanya dari istri.

Dan walaupun sebelumnya sudah pernah hamil, bukan berarti kualitas sperma selalu baikm biasa jadi suami ibu juga sibuk atau mengalami stres karena pekerjaan sehingga dapat mempengaruhi kondisi fisiknya. Jadi menurut saya, sangatlah penting untuk memeriksakan kesehatan sperma suami ibu.

Pada wanita sebenarnya kelelahan tidak terlalu berpengaruh, kecuali bila dia sedang dalam keadaan hamil, baru tentu akan mempengaruhi kehamilannya. Apalagi bila saat ini ibu sendiri tidak merasa lelah dengan aktifitas ibu itu.

Untuk membantu memperbaiki daya tahan dan stamina, ibu dan suami mulai sekarang mengkonsumsi asam folat dengan dosis 1×1 dan antioksidan atau vitamin.

Memang hasilnya tidak instan. Ibu dan suami harus bersabarm terus berusaha dan berdoa.