Haid Tidak Teratur, Gangguan Hormon, Harus Minum Obat?

Jeni   June 9, 2016   Comments Off on Haid Tidak Teratur, Gangguan Hormon, Harus Minum Obat?
Bagikan ke Social MediaShare on Facebook0Share on Google+0Tweet about this on TwitterPin on Pinterest3Email this to someone
  1. Apakah memang benar menstruasi saya tidak teratur disebabkan oleh adanya gangguan hormon? Bagaimana supaya normal lagi tanpa harus minum obat?
  2. Saya ingin segera punya momongan tahapan mana dulu yang harus saya lakukan (mengingat haid saya tidak teratur)?
  3. Apakah ada pengaruh dari saya dulu sering menggunakan cairan pembersih vagina?

Jawab:

  1. Untuk masalah gangguan hormon harus dicari terlebih dahulu penyebabnya, baru kemudian diobati sesuai dengan penyebabnya. Bila gangguan hormon yang dialami adalah bawaan, maka akan lebih sulit mengatasinya tanpa obat-obatan.

    Yang terpenting adalah, apakah haid yang tidak teratur ini memang penyebab utama ibu tidak bisa hamil atau bukan. Pemeriksaan lanjutan dan pemeriksaan lab mutlak diperlukan untuk menjawab pertanyaan ini.

  2. Hal pertama yang perlu ibu lakukan saat ini adalah melakukan kunjungan dan berkonsultasi langsung dengan dokter kandungan ibu agar dapat melakukan pemeriksaan secara menyeluruh seperti USG, kadar hormon-hormon dalam tubuh, dan lain-lain.

    Selain itu ibu juga perlu menjalani pola hidup sehat, ibu juga sebaiknya secara teratur mengkonsumsi vitamin E. Tips-tips lainnya bisa baca buku saya di bab tentang nutrisi.

  3. Memang cairan pembersih vagina (apalagi yang mengandung pewangi) justru dapat menganggu pH normal vagina. Ibu hentikan dulu pemakaian pembersih vagina, cukup bilas dengan air bersih saja kemudian dikeringkan dengan baik.