Haid Tidak Teratur & Darah Lain Dari Biasanya

Jeni   June 26, 2016   Comments Off on Haid Tidak Teratur & Darah Lain Dari Biasanya

Mohon tanya dok, saya wanita umur 24 tahun yang sudah hampir 1 tahun ini menikah. Saya dan suami jarak umurnya sangat jauh lebih dari 10 tahun.

Saya dan suami sudah cek ke dokter kandungan, dan suami juga sudah tes sperma yang hasilnya sperma suami lemah dan encer.

Kalau hasil pemeriksaan saya baik semua dok. Tapi akhir-akhir ini menstruasi saya tidak teratur dok.

Kemarin telat 15 hari sampai bulan Maret saya tidak haid, lalu tanggal 5 april haid yang selesai tanggal 11 april dan tidak banter haidnya seperti biasanya, eh kok tanggal 21 april datang bulan lagi, juga tidak banter, tapi keluar merongkol-merongkol darah yang baru pertama kalinya seperti itu.

Menurut bu dokter apa itu dok? Apakah itu normal?

Jawab:

Apa yang ibu alami bisa dikategorikan sebagai pendarahan yang tidak normal. Penyebab pendarahan yang tidak normal ada bermacam-macam, jadi untuk mengobatinya kita harus mencari tahu dulu apa-apa saja penyebabnya.

Caranya adalah dengan melalui pemeriksaan penunjang misalnya USG dan mungkin pemeriksaan lainnya yang dirasa perlu. Pemeriksaan ini harus dilakukan oleh dokter kandungan.

Bila dari pemeriksaan tersebut tidak didapatkan penyakit/kelainan fisik seperti misalnya tumor atau yang lain-lainnya, berarti ibu mengalami gangguan haid yang biasanya disebabkan oleh ketidakseimbangan hormon.

Untuk haid yang tidak teratur, ada rumus cara menghitung masa subur yang sudah saya jelaskan sebelumnya.