Efek Kuret dan Soal Darah Perawan

Jeni   May 16, 2016   Comments Off on Efek Kuret dan Soal Darah Perawan

Dok apakah jam kerja kantoran yang lama (sering lembur) bisa mempengaruhi kesuburan?

Apakah efek dari kuret yang pernah saya lakukan di masa lalu juga mempengaruhi kesulitan saya hamil sekarang ini? Sebagai informasi tambahan buat bu dokter, waktu berhubungan pertama kali saya juga tidak mengeluarkan darah dok, sempat takut suami pikir yang aneh-aneh kalau saya tidak perawan lagi padahal itu pertama kali saya berhubungan dan seingat saya tidak pernah terjatuh waktu kecil.

Jawab:

Tentang jam kerja, bila ibu merasa kelelahan dengan jam kerja tersebut, ibu bisa mengurangi sedikit atau mengambil cuti untuk istirahat. Karena sudah seperti yang saya jelaskan panjang lebar di dalam buku, kelelahan dan stres dapat mempengaruhi kesuburan ibu.

Riwayat kuret setidaknya merupakan bukti bahwa bisa terjadi pembuahan di rahim anda. Tetapi mungkin saat itu kualitas sperma tidak baik atau kondisi fisik ibu terganggu sehingga kehamilan tidak berkembang.

Kuret apabila dilakukan oleh dokter kandungan yang memang ahli dibidangnya, maka tidak akan menghambat terjadinya pembuahan/kehamilan, justru bila tidak dikuret waktu itu akan menimbulkan masalah.

Saran saya, terus berusaha dan berdoa, rutin mengkonsumsi vitamin E dan bila ada waktu lowong, tidak ada salahnya suami diperiksa juga.

Tentang tidak adanya darah ketika berhubungan pertama kali, ibu bisa menjelaskan ke suami bahwa selaput dara wanita berbeda-beda: ada yang elastis dan ada juga yang kaku.

Mungkin selaput dara punya ibu termasuk yang elastis dan hubungan intim pertama kali wakitu itu terlubrikasi (terbasahi oleh cairan vagina) dengan baik karena rangsangan yang cukup sehingga tidak ada kesulitan saat penis suami anda melakukan penetrasi.